S I L A B U S
Fakultas : Lintas Jurusan
(MKU/MKDU)
Program
Studi : Lintas Juurusan
Mata
Kuliah : Pendidikan
Pancasila
Bobot : 2 SKS
Semester : Genap
Standar
Kompetensi: Mahasiswa
dapat memiliki pengetahuan
dan memahami Pancasila
sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan
ideologi besar dunia lainnya. Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan
kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memeperluas
cakarawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam
mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
Mata
Kuliah Prasyarat : -
Deskripsi
Mata Kuliah :Mata kuliah ini
menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Sejarah
Kebangsaan Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai
sistem Etika, Pancasila sebagai idiologi Bangsa dan Pancasila sebagai Paradigma
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
KD
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.
Memahamilandasan
dan tujuanPendidikanPancasila
( Dua kali pertemuan
P. Budiarto)
|
1.1 Menjelaskan
Landasan Historis Pendidikan Pancasila
1.2 Menjelaskan
Landasan Yuridis kultural Pendidikan Pancasila
1.3 Menjelaskan
Landasan Filosofis Pendidikan Pancasila
2.1
Menjelaskan Tujuan Nasional bangsa Indonesia
2.2
Memahami Tujuan Pendidikan Nasional
2.3 Memahami
Tujuan Pendidikan Pancasila
|
Landasan dan
tujuanPendidikanPancasila.
|
1.
Kontrak kuliah
2. Melakukan diskusi tentang landasan historis, kultural, filosofis,
Pendididikan Pancasila, tujuan nasional bangsa Indonesia, tujuan pendidikan
nasional, tujuan pendidikan pancasila,
|
Iman
dan Takwa (Nasionalisme)
Ingin
tahu
Tanggung
jawab
Kejujuran
|
Tes
lisan,
Evaluasidilakukan pada
awal, tengah dan akhirpertemuan
|
100
menit
|
Khaelan, Pendidikan
Pancasila, UGM, Yogyakarta, 2008, UUD 1945 dan aman-demennya,AW Wijaya,
Pendidikan Pancasila di PT, 1985, Gramedia, Jakarta
|
2.
Menjelaskan dan
memahamimaknaPancasiladalamkontekssejarahperjuanganbangsa.
Mengetahuikronologissejarahperjuanganbangsa dan memahamikronologisperumusan
UUD 1945 dan perkembangannya.
( Pertemuan 2 +3) P. Wiyono
|
2.1 Menjelaskan Sejarah perjuangan bangsa
Indonesia
2.2 MenjelaskanKronologis sejarah perumusan
pancasila dasar filsafat negara, pembukaan UUD 1945 dan pasal-pasal UUD 1945
2.3 Melakukan telaah kritis
terhadap Dinamika pelaksanaan UUD 1945
|
Pancasila dalam konteks sejarah Perjuangan Bangsa
|
1.
Melakukan telaah tentang tentang
sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia,
2.
Menjelaskan kronologis sejarah
perumusan Pancasila Dasar Filsafat Negara, Pembukaan UUD 1945 dan Pasal-Pasal
UUD 1945
3. Melakukan telaah kritis terhadap dinamika Pelaksanaan UUD 1945
4.
|
Integritas
(Nasionalisme)
Ingin
tahu
Tanggung
jawab
Kejujuran
|
Penilaian dilakukan pada
saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir
pembelajaran
|
100
menit
|
Kaelan. 2004. Pendidikan
Pancasila edisi reformasi. Yogyakarta: paradigma.
Sugito,
AT. 2006. Pendidikan Pancasila. Semarang: UNNES Press.
|
( Pertemuan 4 +5 ) P. Budiarto
3.
Mengetahui
dan memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.
( Pertemuan 4 +5 ) P. Budiarto
|
3.1 menjelaskansistemdanunsur-unsur sistem
menjelaskan
kesatuan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan yang sistematis,
hierarkhis dan logis
|
Pancasila
sebagai Sistem Filsafat
|
1.
Diskusi tentang pengertian
dan unsur-unsur sistem
2.
Diskusi kelompok kesatuan
sila-sila Pancasila sebagai suatu kesatuan yang sistematis, hierarkhis dan logis
|
Integritas
(Nasionalisme)
Ingin
tahu
Tanggung
jawab
Kejujuran
|
Penilaian
dilakukan pada saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal,
proses dan akhir pembelajaran
|
100
menit
|
Kaelan. 2002. Filsafat
Pancasila Pan dangan hidup Bangsa Indo nesia. Yogyakarta: Paradigma.
|
4.
Menjelaskan Pancasila sebagai sistem filsafat dunia lainnya
( Pertemuan 4 +5 ) P. Budiarto
|
4.1
Menjelaskan Unsur-unsur pancasila sebagai sistem
filsafat.
4.2 Menjelaskan
Inti isi sila pertama, kedua, ketiga,keempat dan kelima
|
Pancasila
sebagai Sistem Filsafat
|
1.
Menguraikan dan merinci unsur-unsur
Pancasila sebagai suatu sistem filsafat.
2.
Mendiskusikan inti sila
pertama, kedua, ketiga,keempat dan kelima
|
Integritas
(Nasionalisme)
Ingin
tahu
Tanggung
jawab
Kejujuran
|
Penilaian dilakukan pada
saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir
pembelajaran
|
100
menit
|
Kaelan MS. 2004. Pendidikan
Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: paradigma.
|
5.
Mahasiswa
dapat memahami nilai-nilai etika yang terkandung dalam Pancasila
Pak Wiyono
pertemuan 6+7+8
|
5.1 MenjelaskanPengertian etika, etika
politik dan Pancasila sebagai sistem etika
5.2 memahamiPancasila sebagai etika politik
dan nilai-nilai etika yang terkandung didalamnya
|
Pancasila
sebagai Etika Politik
|
1.
Meendiskusikan Pengertian
etika, etika politik dan Pancasila sebagai sistem etika.
2.
Menelaah Pancasila
sebagai etika politik dan nilai-nilai etika yang terkandung didalamnya
|
Integritas
(Nasionalisme)
Ingin
tahu
Tanggung
jawab
Kejujuran
|
Penilaian dilakukan pada
saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir
pembelajaran
|
100
menit
|
Budiardjo, Meriam.
1981. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.
Darmodiharjo, Darji. 1996. Pokok-pokok Filsafat Hukum.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
|
6.
Mahasiswa
dapat menerapkan nilai-nilai etika
yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan kekaryaan, bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
Pak Wiyono
pertemuan 6+7+8
Pertemuan 9 UTS
|
1. Menjelaskan etika dalam kehidupan kekaryaan,
kemasyarakatan, kenegaraan,
2. Menelaah kritis penerapan etika politik
|
Pancasila
sebagai Etika Politik
|
1. Menganalisa EtikaPancasila dalam kehidupan
kekaryaan, kemasyarakatan, kenegaraan
2. Menelaah kritis terhadap penerapan etikapolitik di
Indonesia
|
Integritas
(Nasionalisme)
Ingin
tahu
Tanggung
jawab
Kejujuran
Kerjasama
|
Penilaian dilakukan pada
saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir
pembelajaran
|
100
menit
|
............ 1996. Penjabaran
nilai-nilai Pancasila dalam Sistem Hukum Indonesia. Jakarta: Rajawali
Kaelan MS. 2004. Pendidikan
Pancasila. Yogyakarta: Paradigma
|
Pak Budiarto pertemuan 10+11
7.
Mahasiswa
diharapkan dapat mengerti dan memahami pancasila sebagai idiologi bangsa dan
negara
|
1.
Menjelaskan Pengertian dan makna
idiologi bagi bangsa dan negara
2.
Menembedakan macam-macam idiologi
3.
Makna dan peranan Ideologi
|
Pancasila
sebagai Idiologi Nasional
|
1.
Mendiskusikan pengertian
dan makna idiologi bagi bangsa dan negara
2.
Membedakan macam idiologi
|
Integritas
(Nasionalisme)
Ingin
tahu
Tanggung
jawab
Kejujuran
|
|
|
|
Pak Wiyono
pertemuan 12+13
8.
Mahasiswa
diharapkan dapat mengerti dan memahami:
a.
Pancasila
sebagai sumber hukum dasar NKRI
b.
Makna isi
Pemb. UUD 1945 sbg Staatfundamental norm
c.
Realisasi
HAM
|
1.
Pancasila
sebagai sumber hukum dasar NKRI
2.
Makna isi
Pemb. UUD 1945 sbg Staatfundamental norm
3.
Realisasi HAM
|
Pancasila sebagai sumber hukum dasar NKRI
|
|
|
|
|
|
Pak Budiarto
pertemuan 14+15
9.
Mahasiswa
diharapkan dapat mengerti dan memahami:
a.
Pengertian
Paradigma
b.
Pancasila
sbg paradigma pembangunan di bid. Ipoleksosbudhankam
c.
Pengertian
Pancasila sebagai Paradigma Reformasi
d.
Pengertian
Pancasila sebagai Paradigma kehidupan kampus
|
1.
Pengertian
Paradigma
2.
Pancasila
sbg paradigma pembangunan di bid. Ipoleksosbudhankam
3.
Pengertian
Pancasila sebagai Paradigma Reformasi
4.
Pengertian
Pancasila sebagai Paradigma kehidupan kampus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar