Minggu, 08 Mei 2016

S I L A B U S
Fakultas                           : Lintas Jurusan (MKU/MKDU)
Program Studi                  : Lintas Juurusan
Mata Kuliah                      : Pendidikan Pancasila
Bobot                              : 2 SKS
Semester                         : Genap
Standar Kompetensi: Mahasiswa  dapat  memiliki  pengetahuan  dan  memahami  Pancasila  sebagai  karya  besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya. Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memeperluas cakarawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
Mata Kuliah Prasyarat        : -
Deskripsi Mata Kuliah        :Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Sejarah Kebangsaan Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai sistem Etika, Pancasila sebagai idiologi Bangsa dan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

KD
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.      Memahamilandasan dan tujuanPendidikanPancasila

( Dua kali pertemuan
P. Budiarto)
1.1  Menjelaskan Landasan Historis Pendidikan Pancasila
1.2  Menjelaskan Landasan Yuridis kultural Pendidikan Pancasila
1.3  Menjelaskan Landasan  Filosofis Pendidikan Pancasila
2.1 Menjelaskan Tujuan Nasional bangsa Indonesia
2.2 Memahami Tujuan Pendidikan Nasional

2.3  Memahami Tujuan Pendidikan Pancasila

Landasan dan tujuanPendidikanPancasila.
1.   Kontrak kuliah
2.  Melakukan diskusi tentang landasan historis, kultural, filosofis, Pendididikan Pancasila, tujuan nasional bangsa Indonesia, tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan pancasila,
Iman dan Takwa (Nasionalisme)
Ingin tahu
Tanggung jawab

Kejujuran
Tes lisan,
Evaluasidilakukan pada awal, tengah dan akhirpertemuan
100 menit
Khaelan, Pendidikan Pancasila, UGM, Yogyakarta, 2008, UUD 1945 dan aman-demennya,AW Wijaya, Pendidikan Pancasila di PT, 1985, Gramedia, Jakarta
2.       Menjelaskan  dan   memahamimaknaPancasiladalamkontekssejarahperjuanganbangsa. Mengetahuikronologissejarahperjuanganbangsa dan memahamikronologisperumusan UUD 1945 dan perkembangannya.

( Pertemuan 2 +3) P. Wiyono
2.1  Menjelaskan Sejarah perjuangan bangsa Indonesia
2.2  MenjelaskanKronologis sejarah perumusan pancasila dasar filsafat negara, pembukaan UUD 1945 dan pasal-pasal UUD 1945
       2.3  Melakukan telaah kritis terhadap Dinamika pelaksanaan UUD 1945
Pancasila dalam konteks sejarah Perjuangan Bangsa
1.   Melakukan telaah tentang tentang sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia,

2.   Menjelaskan kronologis sejarah perumusan Pancasila Dasar Filsafat Negara, Pembukaan UUD 1945 dan Pasal-Pasal UUD 1945

3. Melakukan telaah kritis terhadap  dinamika Pelaksanaan UUD 1945

4.  
Integritas (Nasionalisme)
Ingin tahu
Tanggung jawab

Kejujuran
Penilaian dilakukan pada saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir pembelajaran
100 menit
Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila edisi reformasi. Yogyakarta: paradigma.
Sugito, AT. 2006. Pendidikan Pancasila. Semarang: UNNES Press.
( Pertemuan 4 +5 ) P. Budiarto

3.       Mengetahui dan memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.
( Pertemuan 4 +5 ) P. Budiarto

3.1   menjelaskansistemdanunsur-unsur sistem
menjelaskan kesatuan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan yang sistematis, hierarkhis dan logis
Pancasila sebagai Sistem Filsafat
1.   Diskusi tentang pengertian dan unsur-unsur sistem
2.   Diskusi kelompok kesatuan sila-sila Pancasila sebagai suatu kesatuan yang sistematis, hierarkhis dan logis

Integritas (Nasionalisme)
Ingin tahu
Tanggung jawab

Kejujuran
Penilaian dilakukan pada saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir pembelajaran
100 menit
Kaelan. 2002. Filsafat Pancasila Pan dangan hidup Bangsa Indo nesia. Yogyakarta: Paradigma.

4.       Menjelaskan   Pancasila sebagai  sistem filsafat dunia lainnya
( Pertemuan 4 +5 ) P. Budiarto

4.1   Menjelaskan Unsur-unsur pancasila sebagai sistem filsafat.
4.2 Menjelaskan Inti isi sila pertama, kedua, ketiga,keempat dan kelima
Pancasila sebagai Sistem Filsafat
1.   Menguraikan dan merinci unsur-unsur Pancasila sebagai suatu sistem filsafat.
2.   Mendiskusikan inti sila pertama, kedua, ketiga,keempat dan kelima
Integritas (Nasionalisme)
Ingin tahu
Tanggung jawab

Kejujuran
Penilaian dilakukan pada saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir pembelajaran
100 menit
Kaelan MS. 2004. Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: paradigma.
5.       Mahasiswa dapat memahami nilai-nilai etika yang terkandung dalam Pancasila
Pak Wiyono
pertemuan 6+7+8
5.1  MenjelaskanPengertian etika, etika politik dan Pancasila sebagai sistem etika
5.2  memahamiPancasila sebagai etika politik dan nilai-nilai etika yang terkandung didalamnya

Pancasila sebagai Etika Politik
1.   Meendiskusikan Pengertian etika, etika politik dan Pancasila sebagai sistem etika.
2.   Menelaah Pancasila sebagai etika politik dan nilai-nilai etika yang terkandung didalamnya
Integritas (Nasionalisme)
Ingin tahu
Tanggung jawab

Kejujuran
Penilaian dilakukan pada saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir pembelajaran
100 menit
Budiardjo, Meriam. 1981. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.
Darmodiharjo, Darji. 1996. Pokok-pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

6.       Mahasiswa dapat  menerapkan nilai-nilai etika yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan kekaryaan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Pak Wiyono
pertemuan 6+7+8


Pertemuan 9 UTS
1. Menjelaskan  etika dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kenegaraan,
2. Menelaah kritis  penerapan etika politik
Pancasila sebagai Etika Politik
1. Menganalisa EtikaPancasila dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kenegaraan
2. Menelaah  kritis terhadap penerapan etikapolitik di Indonesia

Integritas (Nasionalisme)
Ingin tahu
Tanggung jawab

Kejujuran
Kerjasama
Penilaian dilakukan pada saat mahasiswa diskusi dan pada saat tanya jawab pada awal, proses dan akhir pembelajaran
100 menit
............ 1996. Penjabaran nilai-nilai Pancasila dalam Sistem Hukum Indonesia. Jakarta: Rajawali
Kaelan MS. 2004. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma
Pak Budiarto pertemuan 10+11
7.       Mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan memahami pancasila sebagai idiologi bangsa dan negara


1.   Menjelaskan Pengertian dan makna idiologi bagi bangsa dan negara
2.   Menembedakan macam-macam idiologi
3.   Makna dan peranan Ideologi
Pancasila sebagai Idiologi Nasional
1.   Mendiskusikan pengertian dan makna idiologi bagi bangsa dan negara
2.   Membedakan macam idiologi
Integritas (Nasionalisme)
Ingin tahu
Tanggung jawab

Kejujuran
Kerjasama



Pak Wiyono
pertemuan 12+13
8.       Mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan memahami:
a.       Pancasila sebagai sumber hukum dasar NKRI
b.      Makna isi Pemb. UUD 1945 sbg Staatfundamental norm
c.       Realisasi HAM


1.      Pancasila sebagai sumber hukum dasar NKRI
2.      Makna isi Pemb. UUD 1945 sbg Staatfundamental norm
3.      Realisasi HAM
Pancasila sebagai sumber hukum dasar NKRI






Pak Budiarto
pertemuan 14+15
9.       Mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan memahami:
a.       Pengertian Paradigma
b.      Pancasila sbg paradigma pembangunan di bid. Ipoleksosbudhankam
c.       Pengertian Pancasila sebagai Paradigma Reformasi
d.      Pengertian Pancasila sebagai Paradigma kehidupan kampus


1.      Pengertian Paradigma
2.      Pancasila sbg paradigma pembangunan di bid. Ipoleksosbudhankam
3.      Pengertian Pancasila sebagai Paradigma Reformasi
4.      Pengertian Pancasila sebagai Paradigma kehidupan kampus

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar